Alhamdulillah, Gaji Honorer PEMKAB Siak Segera di Bayar

Posted by

PERAWANGPOS, SIAK – Sejak awal Januari hingga memasuki akhir Maret 2016, seluruh pegawai honorer yang bekerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak, belum juga menerima upah/gaji dari pemerintah. Sementara untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mereka harus mengeluarkan uang minimal Rp30.000/ hari, untuk biaya operasional berangkat kerja dan biaya belanja kebutuhan rumah tangga.

Bahkan di tengah kegalauan itu, malah berkembang isu bahwa pemerintah akan melakukan rasionalisasi terhadap mereka, atas alasan turunnya Dana Bagi Hasil (DBH) Migas. Yang menyebabkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) mengalami kemerosotan.

Fenomena tersebut, saat ini benar-benar telah menjadi momok bagi ribuan tenaga honorer di Kabupaten Siak. Sehingga pikiran mereka terus berkecamuk, apakah akan terus bertahan dengan kondisi bekerja tanpa gaji, atau rela mundur dengan meninggalkan pekerjaannya?.

Sebagaimana dikeluhkan oleh Fir (nama samaran, red), salah seorang honorer yang kesehariannya berkecimpung di tengah terik matahari. Bahkan terkadang harus rela berhujan-hujanan demi mengabdi pada Negeri tercinta Siak Sri Indrapura.

“Kami semuo betul-betul galau sekarang ni bang, dah 3 bulan bekerjo tak jugo terimo gaji, sedangkan biaya kebutuhan hidup sekarang serba naik. Jadi harus pandai-pandai cari kerjo sampingan untuk mencukupi belanjo di rumah,” keluh Fir, dengan logat melayunya.

Dikatakannya juga, dalam setiap tahun memang akan terjadi keterlambatan pembayaran gaji bagi para honorer. Karena gaji mereka di-rafel oleh pemerintah, yang biasanya hingga selama 3 atau 4 bulan.

“Dalam setiap tahun memang terjadi keterlambatan pembayaran gaji bagi para honorer seperti kami-kami ini, yang biasanya di-rafel hingga selamo 3 atau 4 bulan, namun yang kami cemaskan sekarang ini, dampak dari turunnya DBH Migas, kami semuo ini entah masih digaji entah tidak oleh pemerintah, karena tanda-tanda akan terimo gaji belum ado nampak sampai sekarang,” imbuhnya, dengan senyum kesedihan.

Menanggapi hal tersebut, Pemkab Siak melalui Asisten III Setdakab Siak H Jamaluddin, saat dikonfirmasi terkait nasib honorer Siak itu menjelaskan, bahwasanya saat ini Pemkab Siak tengah mengupayakan bagaimana caranya agar gaji para honorer itu bisa segera dicairkan. Dan kemungkinan minggu depan sudah bisa terbayarkan.

“Saat ini kita sedang mengupayakan agar gaji para honorer itu bisa segera dicairkan, yang Insya Allah minggu depan mereka (tenaga honorer Siak, red) semua gajian,” jawab Jamaluddin.

Sumber : Infosiak


Blog, Updated at: 19.29.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda