Pimpinan BBM : Indonesia Merupakan Pemakai BBM Terbanyak

Posted by

PERAWANGPOS -- BlackBerry Messenger (BBM) in this market continuous to grow aggressively, begitu kata Matthew Talbot, Senior Vice President BBM Global. Indonesia merupakan pemakai BBM terbanyak secara global, selain itu Indonesia merupakan negara kedua terbesar pertumbuhan e-commerce nya setelah China. Hal ini menjadi alasan mengapa Indonesia menjadi pasar yang penting untuk BBM.

Untuk mengetahui lebih jauh perkembangan BBM, SWA Online sempat mewawancarai Matthew Talbot saat berkunjung ke Jakarta beberapa hari lalu. Berikut ini nukilannya:

Bagaimana perkembangan BBM secara global maupun di Indonesia?

Semenjak BBM kami luncurkan untuk semua platform (iOS, Android, BlackBerry) di November 2013, terdapat 260 juta lebih registrasi baru. Setiap harinya ada lebih dari 250 juta pengguna yang mengaskses BlackBerry Shop. Sudah ada lebih dari 1 juta BBM Channel yang dibuat. Dan setiap harinya ada 26 milyar pesan yang kami handle. Secara global, Indonesia merupakan pengguna BBM terbanyak dan merupakan aplikasi yang paling populer di Android.

Berapa banyak pengguna BBM di Indonesia?

Kami tidak secara umumc mengatakan berapa jumlahnya. Mungkin pertanyaannya ada berapa banyak pengguna smartphone yang tidak memakai BBM? Masalah kami, bukan bagaimana membawa kastemerr untuk memakai BBM, tapi bagaimana memberikan nilai lebih untuk pengguna.

Ada berapa macam produk yang ditawarkan oleh BBM?

Saat ini BBM memiliki dua kategori produk. Pertama, untuk konsumen kami memiliki BBM Chat, BBM Voice, BBM Channel, BBM Commerce service, BB Shop and virtual goods, BBM Mobile Ad Service, BBM Games. Kedua, untuk enterprise kami memiliki BBM Protected, BBM Meetings, BBM Protected plus, BBM Secure Voice Solution, Virtual SIM.

Mengapa Indonesia menjadi pasar yang penting untuk BBM?

Kami melihat pasar yang menarik di Indonesia. Kami melihat potensi-potensi yang dimiliki Indonesia, salah satunya di Indonesia ada 3% pemilik kartu kredit, 11% pemilik kartu debit, dan hanya 20% yang memiliki rekening di bank. Indonesia merupakan negara kedua terbesar kedua untuk pertumbuhan e-commercenya setelah China. Kami juga melihat bahwa jejaring sosial dan e-commerce saling bergandengan. Itulah alasan megapa kami meluncurkan BBM Money 6 bulan lalu. BBM Money khusus kami hadirkan di Indonesia saja, di negara lain tidak kami luncurkan BBM Money. Kami bekerja sama dengan bank Permata untuk BBM Money.

 Bisa dijelaskan mengenai BBM Money?

BBM Money kami hadirkan sebagai salah satu platform pembayaran untuk berbelanja di e-commerce khusus untuk pengguna BBM. Jadi ketika pengguna BBM berbelanja di salah satu merchant partner kami, pengguna dapat langsung membayar menggunakan BBM Money. Untuk memakai BBM Money ini, pengguna harus mengisi (top up) terlebih dahulu BBM Money mereka. Untuk top up, tidak perlu menjadi nasabah bank Permata, pengguna bisa saja menjadi nasabah bank Mandiri atau BCA nanti akan ada rekening BBM Money di akun BBM Money pengguna. Jadi, tetap jadi nasabah bank lain dan tetap menggunakan BBM Money, itulah esensi dari mobile wallet. Fasilitas yang kami tawarkan di BBM money antara lain, isi ulang pulsa, pembayaran listrik, transfer dana antara pemakai BBM, Cash Out yaitu pengambilan uang di ATM Pertama tanpa perlu memasukkan kartu ATM, dan instant mobile payment.

Ada berapa banyak merchant yang sudah memakai BBM Money?

Merchant-merchant yang sudah kami gandeng antara lain Bhineka, Odioli, Luxola, Naked Food, Ogah Rugi, Elevania, Lensza, Harga Hot, Tees, Pink Emma, Vip Plaza, Klik-Eat , Paraplou, dan dalam waktu dekat akan ada beberapa merchant lagi yang bergabung.

Apa kelebihan BBM Money dibanding mobile wallet yang lain?

Kami memberikan penawaran yang terbaik khusus untuk pengguna BBM Money, saat ini kami mengadakan flash sale. Sebagai contoh, Luxola mengadakan flash sale untuk parfum di hari Selasa jam 10. Jika BBM user berlangganan di BBM Money channel, mereka akan mendapat pemberitahuan mengenai flash sale tersebut, lalu user dapat mengklik link yang ada untuk melakukan pembelian dan pembayaran dilakukan dengan BBM Money. Minggu lalu salah satu website merchant kami mengalami crash karena banyak user yang mengakses website mereka. Flash sale yang berlangsung tadi pagi habis dalam waktu 10 menit. Kami mengkategorikan beberapa produk yang kami percaya dapat menarik perhatian BBM user antara lain barang-barang elektronik, makanan, kosmetik, dan pakaian.

Kerja sama dengan merchant menguntungkan karena mereka butuh sebuah jalur untuk mengarahkan konsumen ke tokonya. BlackBerry sudah memiliki jaringan penggguna yang luas dan kuat di Indonesia. Jadi sudah ada customer basednya. BBM Money menjadi salah solusi untuk para merchant terutama dalam masalah platform pembayaran.

Sistem pembayaran yang ada saat ini seperti bank transfer atau COD (Cash on delivery) menurut saya tidak menguntungkan merchant karena merchant harus menyimpan barangnya kurang lebih 48 jam sampai customer membayar pesanan. Namun, dengan BBM Money, merchant hanya perlu menyimpan barangnya selama 10 menit. Keuntungan inilah yang kami coba perkenalkan di Indonesia. Di luar negeri pembelajaan online tidak menjadi masalah karena sebagian besar transaksi dilakukan dengan kartu kredit.

Bagaimana dengan keamanannya?

BBM Money merupakan secured payment method. Bertransaksi dengan BBM Money sangatlah aman, kami menggunakan Pin untuk setiap transaksi. Soal keamanan bukan suatu masalah untuk kami karena dari dulu kami terkenal dengan security yang kami miliki.

Bagaimana strategi untuk mempromosikan BBM Money?

Dua minggu terakhir merupakan salah satu contoh yang bagus untuk hal ini. Kami melakukan promosi di radio, koran, dan billboard. Kami mendapat jutaan form pendaftaran untuk BBM Channel kami. Melalui BBM Channel, user dapat berlangganan channel yang mereka sukai sehingga mereka akan mendapatkan update setiap harinya. Saat ini ada 250.000 subscribes yang berlangganan BBM Money Channel. Jalurnya sepert ini user-iklan-pembelian-payment, kami memotong kemungkinan merchant untuk kehilangan konsumen. Beberapa raksasa e-commerce di Indonesia sudah beriklan di BBM seperti Tokopedia, Q10, Elevania.

Adakah strategi yang khusus untuk Indonesia untuk bersaing dengan aplikasi pesan lainnya?

Kami memiliki BBM Games seperti Daruma Fever, DeceaZed, Wayang Jumps, Snake and ladder. Selain itu terdapat sticker juga, ekslusif untuk pengguna BBM di Indonesia. Tujuannya untuk membawa konten lokal yang lebih banyak di BBM. WeChat dan Line mirip dengan kami. Mereka ada iklan, sticker, games, payment. WhatsApp sama sekali berbeda mereka single application. Kami memposisikan diri sebagai social platform karena user BBM menggunakan BBM sebagai social platform. Kekuatan kami ada di privasi dan keamanan. People trust BlackBerry since a long time ago.. Privasi dan keamana merupakan DNA kami. Itulah mengapa kami menjadi applikasi no 1 di Android. Itulah mengapa Obama dan pemerintah Amerika Serikat menggunakan BB. BlackBerry merupakan salah satu top brand di Indonesia, market share di Indonesia cukup significant.

Bagaimana dengan inovasi yang dilakukan oleh BlackBerry?

Kami terus mengembangkan produk based on BBM. Minggu ini kami akan meluncurkan software terbaru kami, 2.9, akan ada inovasi private message yang dapat menutupi obrolan yang sedang berlangsung. Dalam waktu dekat kami juga akan meluncurkan produk BlackBerry yang baru.[SWA]


Blog, Updated at: 10.33.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda