Negara Kecil, Tapi Penanam Modal Terbesar Di Indonesia

Posted by

PERAWANGPOS -- Pernah bertanya-tanya, negara mana paling banyak melakukan investasi di Indonesia? Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) baru saja mengungkapkannya. Singapura masih menempati posisi pertama dalam realisasi Penanaman Modal Asing (PMA).

Di sepanjang tahun lalu, realisasi investasi Singapura mencapai US$ 5,9 miliar. Menurut Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Azhar Lubis, untuk posisi kedua, Malaysia menjadi investor terbesar kedua.

Pada setahun kemarin, nilai investasi dari negara tetangga ini sudah mencapai US$ 3,1 miliar. Kemudian ada Jepang sebesar US$ 2,9 miliar, Belanda sebesar US$ 1,3 miliar dan Korea Selatan mencapai US$ 1,2 miliar.

Sementara itu, Hong Kong ada di posisi keenam dengan nilai US$ 937 juta dan Tiongkok di posisi sembilan dengan investasi sebesar US$ 628 juta. Azhar bilang, sebagian besar PMA melakukan investasi di sektor pertambangan dengan nilai US$ 4 miliar.

Transportasi gudang dan telekomunikasi mencapai US$ 3,1 miliar. Kemudian listrik, gas, dan air mencapai US$ 3 miliar. Perumahan kawasan industri dan perkantoran mencapai US$ 2,4 miliar.

Berdasarkan lokasi proyek, realisasi PMA terbesar ada di Jawa Barat (US$ 5,7 miliar), DKI Jakarta (US$ 3,6 miliar), Jawa Timur (US$ 2,6 miliar), Banten (US$ 2,5 miliar), dan Kalimantan Timur (US$ 2,4 miliar). [Network ]


Blog, Updated at: 10.51.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda