Luar Biasa! Kepala SMKN 1 Lubuk Dalam Kirim Surat ke Jokowi

Posted by

PERAWANGPOS, LUBUK DALAM- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang diharapkan menghasilkan lulusan memiliki keahlian. Namun, SMK Negeri 1 Lubuk Dalam, hingga kini belum memiliki lahan pertanian refresentatif untuk praktik.

Padahal sekolah yang berada di kawasan HGU PTPN V Lima Lubuk Dalam ini sudah berdiri 13 tahun silam. Di samping lahan bercocok tanam tak tersedia, guru juga terpaksa memakai ruang kelas sebagai ruangan majelis.

Kepala SMKN 1 Salmiah, Kamis (26/2/2016) menceritakan, SMKN 1 berdiri tahun 2006/2007. Meski sudah 13 tahun berdiri, sekolah yang dipimpinnya belum memiliki lahan ideal untuk praktik pertanian.

"Sekolah ini masih kekurangan infrastruktur, lahan praktik anak terpaksa memakai lapangan upacara. Ruangan majelis guru juga belum ada, kita memakai ruang belajar. Kendala kita lahan tak ada, ini masuk kawasan HGU PTPN V, status masih pinjam pakai," tutur Salmiah.

Salmiah mengaku prihatin dengan kondisi sekolah, namun berbagai upaya belum membuahkan hasil. Menurutnya, perjuangan membebaskan lahan SMKN dari HGU PTPN V Lubuk Dalam sudah dimulai sejak tahun 2012 silam.

"Tahun 2012 profosal sudah kita ajukan ke PTP V, surat dari bupati Siak langsung juga sudah ada. Hearing dengan anggota Dewan kita meminta meminta 10 hektare lahan dibebaskan. Bahkan saya secara pribadi kirim surat langsung kepada Jokowi," sebutnya.

Akibat keterbatasan lahan, SMKN 1 sudah tidak ideal sebagai sekolah jurusan. Sebab, persayaratan sekolah SMK Pertanian 1 jurusan membutuhkan 5 hektare lahan, sekolah ini memiliki 5 jurusan, idealnya 25 hektare.

"Untuk kami berharap semua pihak mendukung pembebasan lahan HGU perusahaan untuk pengembangan SMKN 1. Kita berharap semester besok sudah selesai, atau paling tidak pakai untuk praktik," harap dia.

Perlu diketahui, SMKN 1 Lubuk Dalam memiliki jumlah siswa 348 orang, ruangan belajar 16, guru 31 orang, 7 orang tata usaha. Ruangan majelis guru ditempatkan di ruang kelas, sementara TU memakai ruangan pratik siswa atau komputer.

Sekolah ini sendiri memiliki lima Jurusan yaitu agribisnis ternak, teknologi hasil pertanian, tanaman perkebuan, pembibitan, tanaman Kutur Jaringan dan  tanaman pangan holtikultura. [Kapurnews]


Blog, Updated at: 08.59.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda