Ingin Tidur Berkulitas, Ini Caranya

Posted by

PERAWANGPOS, PEKANBARU - Kebanyakan dari kita sering kali tidak memperhatikan posisi tidur, bahkan seringkali saat bangun dipagi hari leher hingga pundak anda merasa kaku dan nyeri saat di gerakkan. Lalu bagaimana  tidur anda tadi malam? Apakah sudah cukup? Dan kira-kira bagaimanakah posisi tidur yang benar?

Menurut dokter RS Awal Bros Pekanbaru dr Muhammad Iqbal SpS, tidur yang cukup adalah kita puas tidurnya, bangun tidur badan merasa segar, tidak mesti harus tujuh sampai delapan jam. Kalau bangun tidur merasa tidak nyaman, itu berarti anda tidak dapat tidur yang pulas. Orang yang tidur pulas faktornya rileks. Tidur yang baik itu pulas, ototnya akan rilek, bangun tidur serasa segar.

Beberapa hal yang membuat tidur tidak pulas atau tidak nyaman yaitu sering membawa urusan kantor ke rumah. Keletihan juga membuat tidur tidak pulas. Wanita lebih banyak mengalami nyeri pada leher, perbandingannya 7 banding 1. Karena wanita biasanya kerja dari bangun tidur sampai tidur lagi, ada saja kerjaannya.

"Salah tidur itu yang pertama posisi tidur yang harus dikoreksi, bagaimana cara memakai bantal yang tepat, bagaimana cara berbaring, cara memiringkan badan. Sekarang orang berbaring sambil nonton tv bantal ditinggikan, kemudian tertidur dengan posisi yang tidak benar, sementara AC dingin maka terjadilah nyeri" sebutnya.

Tidur yang benar adalah bagaimana kita merasa nyaman waktu tidur. Artinya alas tidur, tempat tidur harus nyaman. Alas tidur yang terlalu empuk tidak baik, tidur dengan bantal terlalu tinggi juga tidak bagus. Bantal yang tinggi di kepala sehingga posisi leher seperti tertekan. Posisi yang salah ini ditambahkan dengan suhu yang tinggi, terjadi kram. Kemudian jika tidurnya miring, punggung, pinggang dan leher supaya bagus posisinya pakai bantal guling diantara dua paha. Jadi posisi tulang belakang kita menjadi lurus.

Nah, bagaimana apakah anda sering mengalami gejala demikian atau sering melakukan kebiasan dan posisi tidur yang tidak tepat, segera rubah kebiasaan buruk anda dari hal yang terkecil.[Bertuahpos]


Blog, Updated at: 10.27.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda