Alhamdulillah, Untuk Panen Padi 2016 Di Bunga Raya Sudah Pakai Mesin

Posted by

PERAWANGPOS, BUNGA RAYA – Memasuki musim panen 2016, para petani Bungaraya menggunakan mesin panen tipe baru untuk memanen padi mereka. Penggunaan mesin membuat proses panen lebih cepat dan menghemat.

Mesin panen tipe baru ini dapat memanen padi dalam satu hari hingga 4 hektar. Jika menggunakan metode lama proses memanen dalam satu hektar perlu waktu satu hingga dua hari. hal ini disebabkan perlu adanya pemotongan padi dulu sebelum digiling di mesin padi yang tipe lama.

“Hasil dari panen nenggunakan mesin yang langsung panen jika dihitung – hitung jauh lebih murah dan menghemat tenaga,” kata pemilik sawah Saiful Jumat (25/2/16).

Masalah hasil jauh lebih banyak menggunakan mesin langsung ini. untuk biaya penyewaan mesin Rp80.000/ton dan kalau untuk pelangsir padi dari pematang sawah hingga ke jalan besar Rp.50.000/ton.

Namun hal ini disayangkan oleh masyarakat yang tidak nemiliki sawah, mereka tidak bisa lagi merasakan panen dari petani sawah.

“Dulu jika panen musim panen datang, masyarakat banyak yang dilibatkan untuk ikut membantu panen. Sekarang masyarakat cuma ikut melangsir padi saja itupun ramai,” kata pelangsir padi Sutarno.

Jumlah anggota dari pemilik mesin biasanya berjumlah empat orang, satu Sopir dan tiga orang yang lainnya membatu menjahit dan menurunkan karung.

“Untuk pelangsir siapa saja yang mau namanya juga sama – sama cari rejeki, kalau ramai paling nunggu hingga dua jam paling dapat cuma Rp10.000 – Rp20.000,” tutup Sutarno.

Sumber : infosiak


Blog, Updated at: 22.16.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda