Warga Apresiasi MK Tolak Sengketa Pilkada Sumbar

Posted by

PERAWANGPOS, Padang - Warga dari berbagai kalangan di Kota Padang, Sumatera Barat, mengapresiasi keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan salah satu calon gubernur dalam sengketa pilkada provinsi tersebut.
"Kami lega akhirnya permasalahan pemilihan gubernur usai, dan gubernur serta wakil gubernur terpilih segera dilantik, dengan begitu persoalan yang terbengkalai dapat segera terselesaikan," kata salah satu tokoh masyarakat Kecamatan Kuranji, Hasan Basri, di Padang, Minggu (24/1).

Menurutnya, bila sampai MK memperpanjang masalah dan mengabulkan gugatan tersebut, masyarakat setempat yang paling merasakan dampaknya.
Dia menyatakan, banyak persoalan provinsi saat ini masih terbengkalai dan harus segera diselesaikan oleh gubernur dan wagub terpilih tersebut.

"Selain itu, mengingat gubernur terpilih saat ini sama dengan sebelumnya yakni Irwan Prayitno, tentunya masyarakat menuntut segera tindak lanjut persoalan yang belum terselesaikan," katanya lagi.
Ia mencontohkan, pembangunan jembatan Kuranji saat ini masih menunggu keputusan gubernur karena merupakan proyek terdahulu.
Padahal masyarakat sekitar sangat membutuhkan jalan yang nyaman dan aman, terlebih lagi jalur yang sekarang telah sempit dan mengalami kerusakan.

Gubernur terpilih juga diingatkan soal tindak lanjut rencana pembangunan kota metropolitan Palapa, Stadion Sumbar, dan pengembangan pariwisata Mandeh.
"Diharapkan gubernur segera dilantik, sehingga penyelesaian persoalan tersebut segera dimulai," katanya lagi.
Namun akademisi yang juga pengamat politik Asrinaldi menilai, apa pun keputusan MK tidak akan banyak berpengaruh bagi suasana politik di masyarakat Sumbar.

Tapi, dia juga mengapresiasi penolakan gugatan tersebut yang akan memberikan ketenangan bagi masyarakat tentang kelanjutan pemerintahan provinsi tersebut.
Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat telah menetapkan pasangan Irwan Prayitno-Nasrul Abit (IP-NA) sebagai pasangan kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih provinsi itu dalam rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih di Hotel Bumi Minang pada Sabtu (23/1).

IP-NA menjadi pasangan terpilih memimpin Sumbar periode 2016--2021 berdasarkan hasil rekapitulasi surat suara pada rapat pleno yang dilaksanakan Sabtu (19/12), dengan perolehan 1.175.858 suara atau mengungguli pasangan nomor urut 1 Muslim Kasim-Fauzi Bahar (MK-FB) yang meraih sebanyak 830.131 suara.


Blog, Updated at: 10.05.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda