Ternyata Ini Hal-Hal yang Bisa Kita Lakukan Ketika Bensin Hampir Habis!

Posted by

Jangan sampai Cerpen harus mendorong mobil yang mogok…

Jalan tol merupakan tempat dimana hal bisa berubah menjadi buruk ketika tangki bensin mobil kosong. Pom bensin bukanlah tempat yang mudah ditemukan ketika kita berkendara diatas jalan tol. Seiring dengan menyalanya lampu penanda tangki yang hampir kosong, perasaan khawatir pengendara akan semakin bertambah. Ketika bensin hampir habis, berapa lama lagi mobil ini bisa berjalan? Apa yang harus saya lakukan jika bensin habis mendadak di tengah jalan? Ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang mungkin sering ditanyakan oleh banyak orang. Jika bensin sudah hampir habis, seberapa jauh lagi mobil bisa bergerak? Seberapa jauh jarak yang harus kita tempuh untuk mencapai pom bensin terdekat? Bagaimana supaya kita bisa mengetahui hal ini?

Sobat Cerpen, ternyata pada buku panduan yang diberikan setiap kali kita membeli mobil dituliskan berapa banyak minyak yang tersisa jika lampu penanda sudah menyala. Namun banyak pengendara mobil yang seringkali mengabaikan buku panduan tersebut. Jangan khawatir Sobat Cerpen, beberapa tipe mobil yang cukup baru sudah mulai menyediakan informasi digital tentang jumlah minyak yang tersisa dan jarak yang bisa ditempuh di atas dashboard mobil.

Belum lama ini seorang netizen menuliskan, ketika ia mengendarai mobil di sebuah jalan tol, ia menyadari bahwa lampu penanda tangkinya mulai menyala. Ketika ia bertanya pada seorang petugas yang bekerja di pintu tol, petugas tersebut berkata pom bensin terdekat hanya sekitar 20 kilometer di depan pintu tol tersebut. Namun ketika netizen ini sampai pada pom bensin tersebut, ternyata pom bensin tersebut tidak beroperasi. Dari informasi yang netizen ini dapatkan, pom bensin berikutnya terletak sekitar 30 kilometer dari posisinya pada saat itu. Akhirnya dengan perasaan khawatir dan campur aduk, netizen ini mengendarai mobilnya menuju pom bensin yang berikutnya. Akhirnya ketika ia mencapai pom bensin tersebut, ia menyadari bahwa ia sudah menempuh jarak sejauh 53 kilometer.

"Sebenarnya seberapa jauh ya jarak yang bisa mobil saya tempuh setelah lampu penanda menyala?" Netizen ini bertanya-tanya di dalam hatinya. Membawa pertanyaan ini di dalam hatinya, ia memutuskan untuk melakukan sebuah eksperimen kecil. Netizen ini dengan membawa sebuah derigen berisi bensin di dalam mobilnya, terus mengendarai mobilnya sampai lampu penanda menyala. Ketika lampu tersebut menyala, pria ini mengatur odometer sampai 0 dan mengendarai mobilnya sampai mobil tersebut berhenti karena kehabisan minyak. Setelah mobilnya berhenti, pria ini melihat odometer tersebut dan menyadari bahwa mobilnya sudah bergerak sejauh 86 kilometer.

Secara umum, setelah lampu penanda menyala, mobil masih bisa bergerak sejauh 50-90 kilometer tergantung jenis mobilnya. Namun dengan jenis mobil yang sama, angka ini bisa berubah-ubah tergantung dari kebiasaan pemakaian dan keahlian pengendara mobil tersebut. Selain itu kondisi jalan dan cuaca juga bisa mempengaruhi angka-angka ini.

Jadi apa yang harus kita lakukan ketika lampu penanda menyala?

1. Jangan sering menggunakan rem mobil dan usahakan untuk tidak mengendarai mobil dalam kecepatan yang terlalu rendah. Hal ini akan membuat bensin dalam mobil habis lebih cepat.

2. Pastikan anda mengendarai mobil dengan kecepatan yang relatif tidak berubah. Menurut perhitungan, kecepatan yang paling hemat bensin untuk mobil 1300-1800 cc adalah sekitar 45-65 km/jam sementara untuk mobil dengan ukuran 2000-3000 cc sekitar 55-75 km/jam.

3. Matikan perlengkapan yang bisa mempercepat penggunaan bensin seperti lampu jalan, AC mobil, dan lainnya.

4. Tutup jendela mobil. Tekanan angin yang disebabkan oleh mobil yang bergerak dengan kecepatan tinggi akan mudah mengurangi bensin dengan cepat.

5. Perhatikan kondisi jalan. Usahakan untuk kendarai mobil di jalan yang kondisinya cukup baik. Kondisi jalan yang kurang baik akan membuat mobil semakin cepat kehilangan bensin.

6. Hindari jalan yang berpotensi macet. Macet adalah kondisi terburuk yang bisa kita temui saat tangki minyak hampir kosong. Selain bensin habis terbuang sia-sia, mobil yang bergerak dalam kecepatan sangat rendah dan rem yang terus menerus digunakan akan sangat menghabiskan bensin.

Kapan waktu yang paling tepat bagi saya untuk mengisi bensin?

Seringkali para pengendara mengisi bensin saat lampu penunjuk sudah menyala. Namun ternyata hal ini bukanlah kebiasaan yang baik. Bensin yang sangat sedikit di tangki akan membuat kerja tangki semakin berat dan mengurangi jangka waktu penggunaan tangki tersebut. Saat paling tepat saat mengisi bensin adalah saat jarum penanda berada pada 1 blok sebelum jarum tersebut mencapai empty atau kosong. Selain itu dibawah cuaca yang panas, tangki bensin sebaiknya tidak diisi penuh karena dibawah cuaca yang panas dan sifat minyak yang mudah menguap akan membuat tekanan pada tangki semakin besar dan tangki mobil cepat rusak.

Karena itu Sobat Cerpen, saat berkendara jangan lupa perhatikan penanda bensin pada mobilmu ya! Jika bensin pada mobilmu sudah hampir habis, jangan lupa untuk cepat-cepat isi bensin! Jangan gegabah karena mungkin saja kamu harus mendorong mobilmu yang mogok!


Blog, Updated at: 06.04.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda