Satu Dekade Beroperasi, OLX Tak Raup Keuntungan Dari Semua Transaksi

Posted by

PERAWANGPOS -- Merayakan ulang tahun satu dekade, OLX Indonesia merilis data statistik terkait dengan pengguna dan barang apa saja yang paling laris di OLX Indonesia.

Saat ini OLX Indonesia sudah berhasil mengumpulkan tiga miliar kunjungan per bulannya, 90 persen pengunjung datang dari website mobile dan 65 persen dari aplikasi berbasis Android.

Pertumbuhan iklan baris yang ada di OLX juga terus meningkat. Setiap menitnya, ada 100 iklan baru yang diposting sehingga menghasilkan lebih dari 4 juta iklan baru per bulannya.

Hingga Desember 2015, OLX Indonesia berhasil meraup angka transaksi yang cukup fantastis. Namun dari seluruh transaksi yang terjadi, mereka mengaku tidak mengambil biaya sepeser pun.

"Ada 1,4 juta transaksi pada Desember 2015. Total transaksinya mencapai Rp16 triliun dengan biaya Rp0. 10 tahun hadir di Tanah Air, kita tidak pernah mengambil biaya dari transaksi yang terjadi," kata Daniel Tumiwa, CEO OLX Indonesia.

Di antara berbagai kategori yang ada, elektronik dan gadget menempati urutan pertama terutama smartphone. Disusul oleh motor, mobil, dan lain-lain.

Untuk kategori mobil, ada 430 ribu iklan baru dan sekitar 220 ribu di antaranya laku per bulannya. Rata-rata harga mobil yang dijual berkisar Rp82 juta.


Dengan angka tersebut, nilai transaksi yang terjadi setiap bulannya Rp10,6 triliun untuk kategori mobil. OLX juga mencatat mobil merek Toyota ludes dalam waktu 2 hari setelah diiklankan.

Untuk kategori motor, ada 434 ribu iklan baru dan sekitar 250 ribu di antaranya laku per bulannya. Rata-rata harga motor yang dijual berkisar Rp7,3 juta. "Hal ini menunjukkan bahwa motor yang dijual umurnya baru 3-4 tahun setelah dibeli," kata Edward Killian, CMO OLX Indonesia.

Dengan angka tersebut, nilai transaksi yang terjadi setiap bulannya Rp1,2 triliun untuk kategori motor. OLX juga mencatat motor merek Honda ludes dalam waktu 1,5 hari setelah diiklankan.

Sementara untuk kategori smartphone, ada 740 ribu iklan baru dan sekitar 470 ribu di antaranya laku per bulannya. Rata-rata harga smartphone yang dijual berkisar Rp1,3 juta.

Dengan angka tersebut, nilai transaksi yang terjadi setiap bulannya Rp500 triliun untuk kategori gadget. OLX juga mencatat gadget merek Samsung ludes dalam waktu 1 hari setelah diiklankan.[CNN]


Blog, Updated at: 09.48.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda