Pembangunan Makam Pahlawan Senilai 1,2 M Menuai Kritikan

Posted by

PERAWANGPOS, SIAK - Melalui Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dissosnakertrans) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak telah memulai melakukan pembangunan taman makam pahlawan tahap I senilai Rp1,2 milyar di kelurahan Kampung Rempak kecamatan Siak.

Proyek milyaran rupiah itu dinilai tidak tepat sasaran dan kurang manfaatnya bagi masyarakat banyak. Bahkan keberadaannya juga dipertanyakan, apakah memang nantinya akan digunakan untuk sebuah tempat pemakaman bagi para pahlawan Siak, atau hanya sekedar sebagai tempat rekreasi semata.

Sebagaimana dikemukakan oleh salah seorang warga Siak Abdul (40), yang menyebutkan bahwa pembangunan taman makam pahlawan di Siak itu, harus benar-benar dipikirkan oleh pemerintah setempat terkait manfaat dan fungsinya. Karena banyak bangunan-bangunan di Siak ini yang telah dibangun dengan anggaran yang cukup besar, namun akhirnya keberadaannya tidak jelas fungsi dan manfaatnya.

"Pemkab Siak telah mulai membangun taman makam pahlawan, yang tentunya kita berharap ke depan keberadaannya benar-benar berdampak positif bagi daerah, dan kita juga perlu tau apakah nantinya fasilitas itu akan digunakan untuk tempat rekreasi, atau memang digunakan sebagai tempat pemakaman para pahlawan, sedangkan sekarang pahlawan sudah tidak ada," ujar Abdul, Senin (4/1/2016).

Menanggapi hal tersebut, kepala Dissosnakertrans Siak Nurmansyah menjelaskan bahwa pembangunan taman makam pahlawan itu, akan dilanjutkan pembangunan tahap II nya pada tahun ini.

"Pada tahun 2015 kemarin, kita sudah mulai melakukan pembangunan taman makam pahlawan tahap I dengan anggaran sekitar Rp1,2 M, dan pada tahun 2016 ini kita akan lanjutkan pembangunan tahap II nya," jelas Nurmansyah, Selasa (5/1/2016).

Bila pembangunan taman makam pahlawan itu telah selesai, Pemkab Siak berencana akan memindahkan makam para pahlawan yang ada di pemakaman Koto Tinggi. Untuk dikumpulkan menjadi satu di lokasi taman makam pahlawan yang telah dibangun tersebut. Sehingga kabupaten Siak nantinya memiliki makam pahlawan.

"Kalau pembangunannya nanti telah selesai, kita berencana akan memindahkan makam para pahlawan yang ada di pemakaman Koto Tinggi. Untuk disatukan di makam pahlawan yang kita bangun itu, karena sekarang setiap kabupaten harus memiliki makam pahlawan, sementara saat ini kita belum punya," pungkasnya. [Spiritriau]


Blog, Updated at: 06.07.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda