Litbang Kompas Nyatakan PKS Sebagai Parpol Paling Produktif Dalam Pemenangan Pilkada 2015

Posted by

PERAWANGPOS -- Harian Kompas telah merilis data terkait tingkat produktivitas partai politik dalam pemenangan pilkada 2015. Melalui “Litbang Kompas” yang dirilis tertanggal 7 Januari 2016, Kompas telah merilis data berikut, yang telah diolah (diurutkan) oleh team pksart.

Tampak PKS (Partai Keadilan Sejahtera)sebagai parpol paling produktif dengan persentase 50.9%, disusul Nasdem 50.3% di peringkat dua, dan PDIP sebesar 49.6% di peringkat ketiga.

Produktivitas parpol. Grafis : pksart

Jumlah Kemenangan Tidak Berbanding Lurus dengan Produktivitas

Dari hasil pilkada ini juga menunjukkan, jumlah kemenangan pilkada yang diraih setiap partai tidak berbanding lurus dengantingkat produktivitas partai. Kita dapati angka kemenangan pilkada PDI-P menempatkan dirinya sebagai partai paling terbanyak dalam memenangkan pasangan calon, 125 calon. Namun, hasil kajian Litbang Kompas menunjukkan, produktivitas kemenangan PDI-P hanya sebesar 49,6 persen. Artinya, dari keseluruhan calon yang diusung PDI-P, hampir separuh yang berhasil jadi pemenang dan sisanya (separuh), mengalami kekalahan, yang menjadikan angka ini menempatkan PDIP bukanlah partai paling produktif di seluruh parpol Nasional.

Produktivitas kemenangan tertinggi dalam pilkada 2015 ini justru dicapai oleh PKS yang mampu memenangkan 50,9 persen dari 173 pasangan calon yang diusungnya, yaitu sebanyak 88 calon.

Gambar dalam grafik :

Grafis Produktivitas. Grafis : pksart

Selamat kepada PKS ! [Kompas]


Blog, Updated at: 17.38.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda