GADIS KECIL TUNA NETRA PENGHAFAL AL QURAN 30 JUZ

Posted by

Namanya Ayu Fajar Lestari
Usianya 15 tahun, kelas 2 SMP di Panti Asuhan Tunanetra Terpadu 'Aisyiyah Ponorogo.
Hafidz Al Qurán 30 Juz

Mata sebelah kirinya tuna netra, sebelah kanan low vision, hanya dapat melihat bayangan.
Asli kelahiran kota Kediri, Putri sepasang suami istri penjual nasi goreng dekat alun-alun kota Kediri.
Setiap kali liburan sekolah dan Ayu pulang kampung ke kediri, relawan kami sempatkan untuk bertemu dengannya dan keluarga, menyambung silaturahim dan menyampaikan santunan untuk tabungan pendidikannya kelak yang ingin melanjutkan hingga ke Madinah, bertemu dengan Imam Masjidil Haram, cita-cita mulianya.
Adek Ayu adalah sosok inspirasi bagi berdirinya Yayasan Askar Ramadhan, motivasi untuk terus berjuang membantu sesama, terutama mereka yg dhuafa dan berprestasi seperti adek Ayu, tak terbatas diwilayah mana dan siapa keluarganya. Jauh sebelum YAR berdiri menjadi sebuah lembaga, sejak usia adek Ayu masih 4 tahun, dia sudah mulai mengahafal Al Quran hanya melalui pendengaran dibawah pengasuhan neneknya yang tinggal berdekatan dengannya dan adek Ayu dititipkan ke neneknya setiap malam ditinggal berjualan nasi goreng oleh orang tuanya.

Hingga akhirnya memasuki usia SD, adek Ayu sempat berhenti sekolah selama satu tahun karena orang tuanya tidak tahu harus mendaftarkan kemana untuk anak tuna netra seperti dia. Dan saat itu usianya sudah 8 tahun, Alloh kembali pertemukan adek Ayu dengan relawan kami (pertemuan pertama di RSUD Dr. Sutomo Surabaya saat usianya 4 tahun sedang operasi mata, relawan kami sedang mengantar adik binaan lain operasi pengangkatan bola mata karena glukoma), hafalan Ayu sudah mencapai 3-4 juz, relawan kami berkunjung ke rumahnya, membantunya mencarikan sekolah Luar Biasa setigkat SD di kota kediri dengan bantuan Kepala Sekolah Tuna Netra Surabaya. Membantu mendaftarkan dan melunasi biayanya, selanjutnya biaya sekolah digratiskan oleh pihak sekolah hingga adek Ayu lulus. Alhamdulillah.

Alhamdulillah, di sekolah tersebutlah adik Ayu mulai belajar huruf braille dan Al Qurán braille, dan kegiatan menghafal Al Quran tidak lagi hanya dari pendengaran saja, dia sudah bisa membaca, hidupnya semakin penuh harapan. Pada saat kelas 2 SD, Relawan kami juga melakukan penggalangan dana dengan dibantu oleh para karyawati muslimah dilingkungan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur I hingga bisa membelikan adik Ayu sebuah Al Quran Braille lengkap dengan terjemahannya yang ternyata tebalnya hingga 2 dus besar. Allohu Akbar, hafalan adek ayu pun sudah lengkap hingga 30 juz sebelum lulus SD dan banyak prestasi lainnya yg diraih adek Ayu mewakili daerahnya atau sekolahnya lomba tilawah dan atau tahfidz Qurán.

Selanjutnya dengan bantuan pihak sekolah, Ayu kini bisa melanjutkan sekolah ke tingkat SMP dan dibimbing oleh ustad-ustadzah yang tidak diragukan keamanahannya di Panti Asuhan Tunanetra Terpadu 'Aisyiyah Ponorogo untuk tetap mempertahankan hafalannya dan meraih cita-citanya kelak ingin umroh dan bertemu imam Masjidil Haram. semoga Alloh kabulkan. Aamiin.

Adek Ayu juga sudah pandai mengoperasikan laptop mungilnya, hadiah dari salah satu gurunya sewaktu SD utk menulis dan browsing dari internet dengan aplikasi khusus untuk tunanetra.

Maka, kami share kisah adek Ayu ini agar menjadi inspirasi dan motivasi untuk tetaplah berbuat baik dan berjuang untuk sesama karena Alloh Taála, lakukanlah sebisamu maka selanjutnya Alloh lah yang akan menggerakkan pasukan-pasukanNya yg lain baik pasukan dunia dan pasukan langit untuk melanjutkannya. Begitu sederhana yg dilakukan relawan kami, namun menjadi awal sebuah amal kebaikan yg saling bertautan hingga masa depan seorang anak yg penuh cahaya ini memiliki harapan dan mencapai cita-cita mulianya.***


Blog, Updated at: 07.08.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda