Dinilai Jeblok, Jaksa Agung Harus Legowo Mundur

Posted by

PERAWANGPOS -- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) merilis lembaga penegak hukum yakni Kejaksaan Agung di bawah HM Prasetyo paling "jeblok" nilainya, ketimbang Polri dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Arbi Sanit mengatakan, sebaiknya Jaksa Agung HM Prasetyo mengundurkan diri dari jabatannya, seperti apa yang telah dilakukan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Djoko Sasono dan Ketua DPR Setya Novanto yang gagal dalam menjalankan tugasnya.

"Iya langkah yang paling tepat itu mengundurkan diri, dan itu palinggentelman dengan bertanggung jawab kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan masyarakat," ujarnya kepada Okezone, Selasa (5/1/2015).

Saat ini menurutnya budaya mundur dikalangan eksekutif atau di tingkat menteri belumlah ada. Karenanya, HM Prasetyo harus menjadi motor pengerak budaya mundur di level menteri tersebut.

"Iya mesatinya budaya mundur harus dicanangkan, tapi kan kalau di level tingkat menteri belum ada. Dia (HM Prasetyo) bisa menjadi yang pertama," katanya.

Dia mengaku, mundur dari jabatan bukanlah tidak bertanggungjawab ataupun lepas tangan pada tugas yang diembannya, melainkan mengaku kegagalan dalam menjalankan tugas.

"Jadi jangan beranggapan besok akan lebih baik meningkatkan kinerjanya, kalau seperti itu namanya kecongkakan kekuasaan," pungkasnya.

Berikut ini, kementerian/lembaga dengan peringkat paling jeblok yang dirilis Kemenpan-RB.

 1. Dewan Ketahanan Nasional (56,97/CC)

 2. Komisi Pemilihan Umum (56,17/CC)

 3. Lembaga Ketahanan Nasional (55,04/CC)

 4. Ombudsman Republik Indonesia (54.51/CC)

 5. Lembaga Sandi Negara (54,24/CC)

 6. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi (53,97/CC)

 7. Kementerian Pemuda Dan Olah Raga (53,54/CC)

 8. Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (51,60/CC)

 9. Perpustakaan Nasional (50,38/CC)

10. Kejaksaan Agung (50,02/CC).
[Okezone]


Blog, Updated at: 16.40.00
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Aspirasi Anda